WISATA MATEMATIKA

Haloo Assalamu'alaikum,wr.wb anak hebat SMANSASEL, yuuuuk kita berwisata menjelajah tentang kaidah pencacahan, permutasi, dan kombinasi.


Kunjungan tempat wisata pertama: 

Randi berkunjung ke rumah Ahmad di Jakarta, mereka berdua sahabat karib sejak kecil. Ahmad mengelola tempat parkir yang ada di dekat rumahnya, terdapat 5 tempat parkir yang disediakan. Jika ada tiga truk dan dua bus akan parkir berderet memanjang. Apabila kedua bus tidak boleh berdampingan/ parkir bersebelahan. Bantulah Randi, buatlah rencana cara susunan parkiran berbeda yang mungkin dapat  diusulkan kepada Ahmad.



Kunjungan tempat wisata kedua: 

Pada saat acara perpisahan kelas XII SMAN 1 Seluma akan diambil foto bersama. Fenomena sekarang semakin banyak yang menyukai pemotretan/ pengambilan foto bersama. Nah ada 6 siswa yang akan berfoto di depan panggung seni. Berapa banyak variasi duduk yang dapat dilakukan keenam siswa tersebut?



Kunjungan tempat wisata ketiga:

1. Tujuan hendak memilih utusan lomba saat ikut memeriahkan ulang tahun SMAN 7 Seluma. Siswa sebanyak 8 putra dan 12 putri. Jika akan dipilih tim utusan siswa yang terdiri dari dua putra dan satu putri. Tentukan banyak cara memilih pasangan tersebut.

2. SMAN 1 Seluma mempunyai program berkunjung ke Perpustakaan Daerah Provinsi Bengkulu. Pada sebuah rak terdapat 9 buku, yang merupakan  6 buku sains dan 3 buku cerita anak. Jika dari rak tersebut dipilih empat buku, tentukan banyak cara:

a. Memilih 4 buku bebas

b. Memilih 3 buku sains dan 1 buku cerita anak

c. Semuanya buku sains.




Komentar

  1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  2. Saya masih belum paham Bu dan saya masih akan belajar lagi Hadir

    BalasHapus
  3. Saya masih sedikit belum paham

    Hadir

    BalasHapus
  4. makasih buk atas ilmunya, mudah sekali dimengerti. kerennn dan mantepp bukk🫶🏻🥰

    BalasHapus
  5. InsyaAllah saya akan belajar lebih giat lagi, tadi dikarnakan saya terlambat jadi kurang paham materi

    BalasHapus
  6. Saya senang sekali belajar hari ini,hadir

    BalasHapus
  7. Masih bingung tentang permutasi ini ,tapi saya akan belajar lebih giat lagi,HADIR

    BalasHapus
  8. terimah kasih ibuu,ini sanggat mudah dipahami dan dimngerti😻

    BalasHapus
  9. Insyaallah akan saya lebih belajar lagi agar lebih bisa di pahami

    BalasHapus
  10. Karena sekarang gadget susah dilepaskan dari pandangan mata, metode ini sangat cocok untuk saya buk.

    BalasHapus
  11. Saya senang belajar sama ibuk hari ini meskipun masih ada yang kurang paham☺️

    BalasHapus
  12. Terimakasih buk untuk soalnya,soalnya pertama blum paham terus membaca dan dapat kisi"nya lumayan membantu saya.alhamdulilah selesai juga tapi blum tahu hasilnya terimakasih buk

    BalasHapus
  13. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  14. Saya masih kurang paham untuk pembelajaran hari ini

    BalasHapus
  15. Saya Masia belum paham buk dan saya akan bljar lebih giat lgii

    BalasHapus
  16. Thank you ibuk,saya paham,dan saya mengerti apa yang sudah saya pelajari,walaupun sedikit terjebak di soal,im happy

    BalasHapus
  17. Saya masih belum mengerti dengan pembelajaran hari iniiiii

    BalasHapus
  18. Untuk belajar hari ini sangat menyenangkan, walau pun masih ada yang belum phm

    BalasHapus
  19. Semoga pertemuan selanjutnya lebih paham ya....kita sama - sama belajar kembali esok

    BalasHapus
  20. Pembelajaran kali ini sangat menyenangkan kami dpat belajar ketelitian,kecepatan dan itu sangat seru sekli,dan saya sekarang mengerti perbedaan soal permutasian dan kombinasi, trimakasihh ibu

    BalasHapus
  21. terimakasih ibuk sangat senang dengan pembelajaran ini

    BalasHapus
  22. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  23. Terimakasih ibu, pembelajaran hari ini sangat menyenangkan karena benar² mengasah otak kita.selain itu juga melatih kecepatan dan juga ketepatan untuk mengisi soal .untuk soalnya cukup di pahami namun saya akan belajar kembali agar lebih paham

    BalasHapus
  24. terimakasih bu, materi kali ini menyenangkan

    BalasHapus
  25. Makasih ibu, saya sudah paham dan bisa mengerjakan soal yang ibu berikan

    BalasHapus
  26. Pembelajaran hari ini sangatlh menantang karena mengerjakan dengan waktu yang singkat dan memerlukan ketelitian. Smgh pertemuan berikutnya lebih paham lagi

    BalasHapus
  27. Belajar seperti ini membuat kita lebih fokus dan teliti pada soal dan harus memahami soal lagi agar dapat menentukan yang mana kombinasi dan permutasi

    BalasHapus
  28. Mudah di pahami dan cara yg menyenangkan

    BalasHapus
  29. pembeljarn yang sangat menyenngkan dan snagat mennatang karna di batasi waktu

    BalasHapus
  30. Kuis hari ini sangat menyenangkan juga menantang karena harus berpacu dengan waktu. Namun masih ada keraguan dalam menjawab soal.

    BalasHapus
  31. Terimakasih ibuk yg telah memberikan pelajaran yg mudah untuk dipahami dan diingat👍

    BalasHapus
  32. permbelajaran hari ini sangat menantang dan seru. membuat diriku merasa dagdigdug ketika menjawab pertanyaan.
    tapi sampai saat ini saya belum menjadi pengumpul kuis pertama, selalu telat.
    saya tetap berusaa!!!

    BalasHapus
  33. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  34. Belajar matematika hari ini sangat menegangkan, deg deg an, serasa jantung mau copot, terpengaruh dg perkataan org lain. Padahal yg saya tdi sudah benar.
    Terimakasih lain kali saya tidak akan mendengar kan perkataan orang lain.

    BalasHapus
  35. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  36. Pelajaran matematika hari ini sangat menantang dan seru karena diberi waktu yang singkat, walaupun belum bisa jadi yang pertama tetapi saya tetap berusaha

    BalasHapus
  37. Sistem pembelajaran hari ini menantang dan sedikit menegangkan,karena pengerjaannya siapa cepat dia dapat

    BalasHapus
  38. Pembelajarannya sangat senang dan menantang sekalii dan waktu yg di berikan harus di gunakan dg maksimal agar soal yg di kerjakan dapat terselesaikan tepat waktu

    BalasHapus
  39. Terimakasih atas pembelajaran permutasi dan kombinasi hari ini Bu, materi nya sangat mudah di mengerti apabila kita terus melakukan percobaan dengan melatih soal² yang ada lalu di modifikasikan versi kita sendiri.

    BalasHapus
  40. Terimakasih atas pembelajaran permutasi dan kombinasj hari ini Bu, sangat seru dan mudah dipahami penjelasan contoh soalnya

    BalasHapus
  41. Terimakasih ibu untuk pembelajaran tentang permutasi dan kombinasi.
    Belajar dengan ibu sangat menyenangkan, saya merasa sangat tertantang dengan soal2 yg ibu berikan untuk mengerjakan nya dengan waktu yang singkat, menyenangkan disaat ibu berada di kelas,menerangkan secara langsung yang tentunya kami sangat mengerti, terimakasih ibu.

    BalasHapus
  42. Thank you ibu untuk pembelajaran permutasi dan kombinasi, pelajarannya menyenangkan dan lebih mudah di mengerti.

    BalasHapus
  43. Terimakasih ibu untuk pembelajaran tentang permutasi dan kombinasi
    Belajar dengan ibu sangat menyenangkan,
    saya merasa sangat tertantang

    BalasHapus
  44. Terima kasih ibu, pembelajarannya menyenangkan serta mudah untuk di mengerti

    BalasHapus
  45. Terimakasih ibu, pelajaran tentang permutasi dan kombinasi menyenangkan serta mudah untuk di mengerti.
    Saya merasa sangat tertantang.

    BalasHapus
  46. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  47. Terimakasih ibu , pelajaran tentang permutasi dan kombinasi.
    Belajar dengan ibuk asik dan tentu nya menyenangkan

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

PELUANG KEJADIAN MAJEMUK

SI BUDI BERTANYA tentang MODUL AJAR