CATATAN1: TIPE-TIPE DISKUSI KELOMPOK MENGGUNAKAN TEKNOLOGI (BLENDED LEARNING)

MICROSOFT TEAMS DAN ONENOTE MENJADI ALTERNATIF DISKUSI KELOMPOK BERTEKNOLOGI

Diskusi kelompok membangun komunitas, meningkatkan konstruksi dan berbagi pengetahuan, serta mengembangkan keterampilan komunikasi yang berharga bagi siswa. Sayangnya, diskusi langsung tradisional juga dapat membuat suara-suara tidak terdengar. Diskusi tradisional juga dapat menciptakan kecemasan bagi siswa yang memerlukan waktu lebih lama untuk mempertimbangkan tanggapan atau yang kesulitan berpartisipasi dalam diskusi cepat di dalam kelas. Memodifikasi diskusi kelompok untuk lebih memenuhi kebutuhan semua siswa akan meningkatkan keterlibatan dan luasnya kontribusi.

 

Guru dapat memodifikasi diskusi kelompok untuk memenuhi kebutuhan semua siswa dengan menerapkan teknik diskusi kelompok yang didukung oleh teknologi. Dengan memodifikasi diskusi kelompok dengan dukungan teknologi, guru lebih dapat membantu pembentukan model pertanyaan-dan-tanggapan, tanggapan berdasarkan fakta, dan keterampilan percakapan sosial yang baik dalam diskusi kelompok. Diskusi kelompok tradisional sering memiliki norma yang dibangun oleh kelas, namun sulit untuk menyaring norma-norma tersebut dalam diskusi langsung yang cepat.

 

Berikut adalah tiga cara guru dapat menerapkan diskusi kelompok yang didukung oleh teknologi dalam struktur blended learning:

 

Seminar Socratic terbalik

Seminar Socratic terpantau

Pos dan channel tim


Seminar Socratic terbalik

Socratic seminar adalah salah satu struktur diskusi kelompok yang paling populer. Seminar Socratic terbalik memiliki pedoman tertentu dan memerlukan penciptaan pengetahuan siswa. Meskipun memiliki kelebihan, seminar Socratic terbalik dapat menjadi sangat membingungkan bagi siswa yang memerlukan waktu lebih lama untuk memproses informasi dan dapat menjadi sulit dikendalikan dalam kelompok yang besar. Guru dapat menciptakan pengalaman seminar terbalik dengan menggunakan Flipgrid untuk membuat topik awal, menetapkan norma, dan menjelaskan protokol penilaian. Seminar Flipgrid memungkinkan siswa memberikan tanggapan mereka dengan lebih percaya diri dan terstruktur karena siswa dapat merespons pada kecepatan dan tempat mereka sendiri. Diskusi merupakan bentuk penilaian formatif dan sumatif sehingga memerlukan umpan balik untuk sepenuhnya terintegrasi dalam tujuan dan pengukuran pembelajaran. Guru dapat memberikan umpan balik langsung kepada siswa dari Flipgrid menggunakan komentar video atau rubrik terlampir.


Tracked Socratic seminar

Jika guru ingin meningkatkan keterlibatan dan pemahaman dalam diskusi langsung di dalam kelas, mereka dapat memilih untuk mengembangkan proses untuk melacak diskusi. Misalnya, pilih beberapa siswa untuk menjadi pelacak seminar daripada pembicara. Para pelacak ini akan menggunakan diagram diskusi di OneNote untuk menambahkan catatan pada nama setiap pembicara. Catatan ini memberikan referensi untuk belajar di kemudian hari. Proses ini meningkatkan akuntabilitas bagi siswa yang tidak aktif dalam diskusi. Model ini juga memastikan bahwa setiap orang memiliki peran dalam pengalaman kelas.


Teams posts and channels

Diskusi kelompok asinkron dapat diadakan langsung di Teams. Diskusi dapat berada pada benang posting atau dalam Channel, tergantung pada tingkat diskresi yang diinginkan oleh guru antara topik diskusi. Papan diskusi online tradisional telah menjadi mode diskusi asinkron yang populer selama bertahun-tahun, tetapi manfaat dari mengintegrasikan diskusi ini ke dalam tim kelas sangat tinggi. Karena diskusi berada dalam tim, beban kognitif untuk beralih antara aplikasi berkurang. Guru juga dapat membuat tugas dengan rubrik terlampir yang terhubung ke posting diskusi atau diskusi channel. Penautan memastikan bahwa penilaian dan umpan balik terintegrasi ke dalam pengalaman diskusi. Penautan juga memastikan bahwa semua tujuan jelas bagi siswa saat mereka membuat tanggapan mereka.

Diskusi kelompok dapat membangun komunitas, meningkatkan konstruksi dan berbagi pengetahuan, serta mengembangkan keterampilan komunikasi yang berharga bagi siswa. Sayangnya, diskusi langsung yang tradisional juga dapat membuat suara-suara tertentu tidak terdengar. Diskusi tradisional juga dapat menciptakan kecemasan bagi siswa yang membutuhkan lebih banyak waktu untuk mempertimbangkan respons atau yang kesulitan untuk berpartisipasi langsung.

 Bersambung.....

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

PELUANG KEJADIAN MAJEMUK

WISATA MATEMATIKA

SI BUDI BERTANYA tentang MODUL AJAR