SI BUDI BERTANYA tentang MODUL AJAR


Belajar, berbagi dan berdampak demi negeri selalu ada di hati ini. Lahirlah program webinar sereis MGMP Matematika Kabupaten Seluma berkolaborasi dengan Grup Bhineka Tunggal Ika (BTI) yang terbentuk di Bali sewaktu lokakarya pengegrak komunitas belajar tahun 2022. Keresahan saya untuk mencari narasumber demi ikut bergerak untuk memajukan pendidikan di Kabupaten Seluma, umumnya Provinsi Bengkulu disambut gembira oleh guru hebat grup BTI. Ada Mbak Naning dari Tasikmalaya, Mbak Mila dari Bali, dan Pak Josef dari Kupang. Allah pertemukan kami di Bali untuk terus bersinergi membantu satu sama lain, ada yang butuh pemateri siap, ada yang butuh moderator siap, ada yang butuh MC siap. 

Namun malam ini, saya belum merepotkan teman-teman lebih banyak, hanya Mbak Naning sebagai pemateri yang penitng, karena moderator ada dari MGMP Matematika Bu  Iriyanti, Bu Riri, atau Bu Neneng. Apa hendak dikata, diluar rencana masih belum bisa bertugas malam ini, karena ada sesuatu dan lain hal. Akhirnya kembali ke pasal satu, si pembuat rusuh, baiklah kataku akan kulakukan sendiri...ha..ha..ha...

Mengingat sering badai dan mati lampu, kegiatan daring kami alihkan di grup WA saja. Mbak Naning awalnya sempat bingung, namun saya meyakinkan sudah jalani saja yang penting apa yang bisa kita bagikan bisa dibaca di grup WA. Al hasil ada yang 20 orang online saat itu, dan saya berpikir karena WA bisa saja dikonsumsi kapanpun oleh peserta. 

Kemauan saja tidaklah cukup, jika tidak dibuktikan dengan usaha. Pertemuan webinar series Januari ini membahas kelanjutan dari materi bulan Desember yang digelar dua hari online di zoom berkapasitas 1000 yang bekerja sama dengan Penerbit Mediatama (Pak Hengki lah tempat kami berkomunikasi ttg ini) jangan lupa beli buku Penerbit Mediatama ya...support dengan Kurmer, dan lanjut pembimbingan di WAG. Kegiatan yang bertabur doorprized. Doorprized didapat hasil bekerjasama dengan anggota dewan Bu Sri Rezeki, semoga rezekinya mengalir terus ibu.  

Kepala BGPpun tidak tinggal diam mensupport kegiatan ini, selain menyediakan doorprized, sebagai keynote sepeaker, juga menyediakan sertifikat bagi bapak ibu yang berhasil menakhlukkan tantangan di PMM. Alhamdulillah hampir 100 sertifikat diberikan ke peserta. Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Bengkulu ikut berpartisipasi sebagai keynote speaker dan mmebuka acara bulan Desember lalu. Begitu juga Cabdin wilayah VI Tais dan Ketua MKKS Kabbupaten Seluma. Semua bersinergi untuk Negeri.

Foto Bersama Kepala BGP Provinsi Bengkulu

Foto Bareng Bu Sri Rezeki dan Kepsek SMAN 1 Seluma Bu Dian


Keresahan akan berkahirnya bulan Januari 2023 menyisakan gelisah di dalam dadaku. Namun belum ada geliat dari semua teman-teman MGMP. Sedih? tidaklah, tidak boleh bersedih karena dunia terus berputar dan sepanjang ada ALLAH maka teruslah berencana dan bekerja. Akhirnya kegiatan daring di WAG grup terlaksana juga, soal hasil serahkan pada Allah saja. 

Jadwal yang seharusnya siang Sabtu tanggal 28 januari 2023, diubah ke selepas maghrib menjelang isya yaitu tepat pukul 19.30 WIB - 21.30 WIB. Ada insiden mati lampu seharian di Seluma, juga narasumber berbagi juga sedang kehabisan batrai menjadi salah satu penyebabnya. Saya baru bisa hidupkan HP tepat sekitar sepuluh menit sebelum acara berlangsung karena lampu baru menyala.

Baiklah, berikut yang penting diabadikan saat kegiatan berlangsung agar tidak  menguapbegitu saja. Semoga yang belum menyimak dapat menyimak disini ya. Semoga manfaat dan bagi yang sudah membaca tolong tinggalkan jejak di kolom komentar.

Modul ajar
oleh 
Naning Marliani, S. Si., M. Pd.
SMAN 1 Tasikmalaya

Setelah aku membuka kegiatan yang tak lupa diawali dengan doa. tanpa basa-basi langusng diserahkan ke narasumber. Beliau langsung membagikan mataeri tentang modul ajar. lanjut beliau menjawab pertanyaan pemantik dari Budi Farizal, M. Pd. Ini anak muridku sewaktu pertama jadi PNS di Kabupaten Kaur, sekarang sudah jadi guru matematika juga di SMAIT IQRO' Kota Bengkulu, dan satu jenjang pendiidkan dneganku Strata 2, keren. Sepertinya room malam ini benar-benar diintai dengan Budi, hingga aktif bertanya. Untung ada Budi judulnya ya........atau kasih judul "Si Budi Bertanya" cocok ini dikasih judul cerita kita malam ini.

Budi bertanya: "Mau tanya bu, nanink, apakah ada ketentuan khusis format dr modul ajar, krn saya perhatikan ada yg lengkap dg semua  assesman,,
Ada juga sangat simple..Kira2 gmn yg paling benar dan bagusnya🙏🙏"

"Terima kasih pak Budi atas pertanyaan pemantiknya yang luar biasa.

Modul ada tidak ada formatbaku yang diberikan oleh kemdikbud ristek.

Format dikembalikan kepada sekolah sesuai situasi dan kondisi". Ini keywordnya.

Yang perlu dicermati bersama adalah… 
Komponen Modul ajar sebaiknya dipenuhi sesuai yang ada di ppt di atas
Beberapa modul ajar yang ada di PMM bagus-bagus dengan format yang berbeda. 
Silahkan dipilih dan dipilah untuk di ATM ( amati tiru dan modifikasi) sesuai kebutuhan siswa bapak ibu guru hebat. Maaf typo ya … Modul ajar tidak ada format baku nya. 🙏🏻🙏🏻

"Yang perlu dicermati pada bagian komponen ada 3 hal. 

Untuk komponen inti wajib ada salah satunya adalah assemen. Assemen wajib ada ya pak Budi", lanjut beliau menjawab.

Budi bertanya lagi: 


intinya sintak model pembelajaran tetap dicantumkan, sama sesuai rpp kita dulu. Modul ajar ada tiga komponen ya yaitu informasi umum, komponen inti, dan lampiran.


Komponen Modul Ajar

Jawaban VN Mbak Naning suaranya yang sangat merrdu: https://drive.google.com/file/d/1xc7IS3oTnwCLrEiICzW-rp-IPj23bIkA/view?usp=sharing yang intinya; Perlu disesuai dengan sintak model saat langkah-langkah pembelajaran diterapkan.

Setelah menjawab pertanyaan Budi, sayapun menawarkan hal ini: "Bagaimana mbak?
Sepertinya tidak ada lagi yg bertanya
Apakah format Modul ajar dishare di sini mbakku?
Templete gitu
Dan sampai pukul beraapa? Kita tutup?
Ini sdh lewat 5 menit dsri pukul 21.00 wib"

Tidak berapa lama Mbak Naning memberikan templet yang aku minta. Kita save disini ya: 

Saya simpan di folder drive, silahkan disedot bagi yang membutuhkan klik lin ini :

Akupun berbagi tentang modul ajar yang pernah kubuat di bukti karya:
"Bapak/Ibu Guru, mohon masukannya untuk karya saya ini. Umpan balik Anda akan sangat membantu untuk meningkatkan kualitas karya saya. Terima kasih. https://guru.kemdikbud.go.id/bukti-karya/pdf/2913?from=share".

ini yang mbak Naning:

"Bapak/Ibu Guru, saya melakukan Aksi Nyata sebagai implementasi pemahaman saya terhadap salah satu topik Pelatihan Mandiri di platform Merdeka Mengajar 

Mohon bantuan Bapak/Ibu Guru untuk memberikan umpan balik di tautan di atas. 

Terima kasih."

Mbak Naning kuminta untuk memberikan closing statement malam ini, karena hampir menjelang limit waktu yaitu puluk 21.30 WIB. Beliaupun akhirnya menanggapi dengan sigap. 

"Alhamdulillah 

Terima kasih bapak ibu guru hebat yang berkenan meluangkan waktu untuk berdiskusi bersama.

Beberapa hal yang diingat bersama: 
1. Terdapat 3 komponen dalam modul ajar yaitu informasi umum, komponen Inti dan lampiran 
2.  Komponen Inti WAJIB ada pada Modul ajar.
3. Tidak ada format baru untuk modul ajar.
Template yang saya berikan Itu hanya contoh untuk membantu bapak ibu.
Silahkan digunakan sesuai situasi dan kondisi sekolah bapak dan ibu guru hebat. 

Apabila masih ada hal-hal yang ingin didiskusikan silahkan di sampaikan di grup. Insyaa Allah saya akan menjawab semampunya 

Mohon maaf kalau ada tulisan dan ucapan yang kurang berkenan.

Selamat Malam 
Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh 

Terima kasih Bu Milma dan seluruh panitia.
Insyaa Allah bertemu lagi....."

Dan tak lupa berpantun ria:

Saatnya aku berpantun:
Makan duku sambil duduk di depan pagar
Lanjut juga dimakan di tepi kolam
Apa yang aku khawatirkan tentang modul ajar
Ternyata belajar hampir jam sepuluh malam


Baiklah ajakku, 
Bapak dan Ibu guru sahabat senusantara, tentu jika ingin berbagi tentang modul ajar silahkan share di sini, TK, SD, SMP ,SMA, atau SMK. Barangkali saja ada yang tergerak untuk share modul ajar yang sudah dibuat. Namun belum ada yang meanggapi..he..he...he... akhirny aku share folder yang sempat kusimpan saat mengikuti kegiatan pelatihan membuat modul ajar, pelatihan berbayar ya gaes..... Ini saya kasih gratis buat bapak ibu semua:


Ini pantun dari saya (Mbak Naning) 

Malam-malam makan surabi 
Rintik hujan menemani 
Meskipun kantuk datang menghampiri
Tetap semangat  untuk berbagi 


Kegiatan harus diakhir, sayapun memulai acara penutupan "Kita akhiri perjumpaan malam ini, mudah2n manfaat dan jika ada salah kata atau kuranv berkenan mohon dimaafkan. 
Hari sudah malam, kita akhiri dengan do'a 
Doa disilahkan

Selesai

Saya akhiri
Subhanaka allahumma wa bihamdika, asyhadu an laa illaha illa anta, astghfiruka wa atubu ilaik...
Wassalamu'alaikum, wr.  wb. Selamat Malam, salam sejahtera buat kita semua". Penutupan usai sudah....Tunai sudah hutang ini.

Makasih mbak Naning ...

Modul ajar itu RPP PLUS.

Kenapa dikatakan plus? 

Silahkan simpulkan sendiri ya......sampai jumpa lagi...salam dan bahagia. jangan lupa ini link Presnsinya: https://forms.gle/Wi8YARx9yffvxPFu8. membaca tulisan ini berarti sama saja ikut kegiatan tadi malam ya...

Judul ini "Si Budi Bertanya" terinspirasi dari lagu kesayanganku yaitu dari Wali Band "Si Udin Bertanya".

Salam dan Bahagia, Wassalamu'alaikum, wr.wb

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

PELUANG KEJADIAN MAJEMUK

WISATA MATEMATIKA