START MY BOOK WITH KBMN, BISMILLAHIRRAHMANIRROHIIM

KELAS BELAJAR MENULIS NUSANTARA (KBMN)

Judul : START MY BOOK WITH KBMN,  BISMILLAHIRRAHMANIRROHIIM

Resume Ke-1

Gelombang 28

Hari, tanggal: Senin, 9 Januari 2023

Tema: MENULIS SETIAP HARI

Narasumber : Dr. Wijaya Kusumah, M. Pd.

Moderator : Dail Ma'ruf, M. Pd.




Bismillah....

Aku sudah menunggu kegiatan ini, kusave flayer agar tidak lupa. Aku bersiap-siap, mulai mandi tidak lupa mengggosok gigi,xi..xi..xi...... lanjut, kubuka laptop sambil mereview berkas dan isian data dan esai pendaftaran Calon Pengajar Praktik (CPP) angkatan 9 di SIMPKB. Menurut informasinya sesuai yang dijadwalkan bahwa besok terakhir mengirimkan berkas pendaftaran. setelah itu, sambil menunggu maghrib tiba kuambil gitar, kunyanyikan lagu kesayanganku Si Udin bertanya dari Wali Band. Lagu ini enak dan mudah dinyanyikan.  eeh...kok bahas lagu....lanjut yuk ah...ke materi kita.

Baiklah inilah isi resumeku di hari pertama, selamat membaca ya gaes...semoga bermanfaat.

Grup dikunci tanda kegiatan akan dimulai, tim solid yang sigap menyiapkan room di grup wattshap dan menyambut narasumber pada hari pertama, siapa lagi kalau bukan Om Jay. Ahli dan pengalaman dibidang tulis-menulis dan menghidupkan komunitas menulis ini tentu buah karya beliau, aksi nyata sebagai anak bangsa yang tidak menyerah saat mata pelajaran TIK tidak lagi menjadi wajib di sekolah. 

Tim solid mulai siaga, Om Brian, Om Dail Maruf mulai beraksi...

tips dari beliau pada pukul 18.49 WIB

langkah pertama yang sebaiknya dilakukan peserta niat ikut materi dengan ikhlas

2. Luangkan waktu utk menyimak bertanya dan buat resume

3. Posting resume di Blog

4. Kumpulkan link resume yang teah diupload di Blog  di Form pengumpulan resume ada di Deskripsi Grup KBMN 28

5 . Kirim juga link tsn di KBMN 28

6. saling kunjungi Blog / Blog walking = saling beri komentar

Ada 10 menit lagi silahkan persiapan laptop Hp dll. Beliau mulai memanas-manasi kami peserta untuk semangat menakhlukkan tantangan ini.


Kutinggal sebentar laptop, karena ada panggilan wattsapp dari kepala sekolah SMKN 1 Seluma. Ini kepala sekolah suamiku, beliau tertidur sehabis sholat maghrib karena sangat capek sehabis kegiatan dan pertemuan di sekolah, atau masuk angin karena kemarin kuajak healing keliling hutan bakau, wisata hutan mangrove yang ada di Bengkulu. Eh suara tawaku yang tak terkontrol karena lucu mendengar cerita bapak Kepsek ini, membangunkan suami, akhirnya kuserahkan HP kepemiliknya. Akupun kembali ke laptop. 

Acara sudah dimulai dan pesan yang masuk sudah ratusan, cerita moderator dan narasumber. Wow...aku terperanjat menyaksikan cepatnya pesan dari moderator dan narsum terkirim. Dahsyat  dan luar biasa keren apa yang sudah dicapai Omjay. Aku termangu dalam diam, kemana saja aku selama ini? seandainya aku mengikuti saran Omjay dan tim waktu acara campwriter tahun 2013 di Kampus UNJ pasti sudah banyak buku yang aku hasilkan....namun tidak ada kata menyesal dan terlambat. 

Aku akan memulainya, aku akan menulis setiap hari dan akan aku saksikan apa yang akan terjadi. Inilah mantra sakti Om Jay yang telah menerbangkan Omjay keliling Indonesia, menembus dinding istana, bahkan ke luar negeri. Sebuah buku yang membuat nama Omjay melejit tak kira tingginya. Om Jay sudah menuliskannya di blog gratisannya http://wijayalabs.blogspot.com dan tepatnya pada link ini: http://wijayalabs.blogspot.com/2023/01/menulislah-setiap-hari-dan-buktikan-apa.html yang ditulis tepat Senin tanggal 2 Januari 2023 dengan judul: Menulislah Setiap hari dan Buktikan Apa yang Terjadi. Intinya beliau menyarankan untuk memanfaatkan blog tempat kita menulis, karena menurut beliau blog adalah alat rekam yang ajaib.  Beliau memulai ngeblog dari blog gratisan blogspot.com dan wordpress.com.

Bicara tentang blog, waktu S2 di UNJ kami dapat mata kuliah tentang ini, tugasnya membuat blog jadilah blogku yang pertama dengan desainnya tidak semudah sekarang ini, saya harus membaca banyak buku untuk bisa buat blog, ini blogku ya http://milmayasmi78.blogspot.com. Blog ini belum dikelola dengan baik dan sempat terbengkalai setelah menamatkan tugas belajar di UNJ. Aku seorang blogger yang belum berhasil konsisten. Tapi tidak lagi sekarang, aku yang dulu bukanlah yang sekarang ingat lirik lagu ini. Aku akan memulai menjalankan mantra Omjay agar bisa keliling dunia. Pesan Omjay jangan ragu dan takut salah dan jadilah penulsi terkenal dengan membiasakan diri menulis apa saja dan rutin setiap hari. Intinya percaya diri untuk berproses, dengan perasaan terdalam, dan konsisten.

Selain link blog yang dikirimkan, kami mendapat file slide presentasi, dikirim setelah diminta Om Dail. Aku mulai sibuk mengunjungi blog yang linknya tinggal klik, eh ternyata akun google di HP tidak sama dengan akun google blogku. Akhirnya akupun log in menggunakan akun google yang ada di HP untuk bisa mengomentari tulisan di blog Omjay, maaf ya Om akunnya beda dengan yang dipakai buat nulis. Aku berhasil meninggalkan jejak di blog Omjay selalu menginspirasi dan membakar semangatku untuk berjuang mengalahkan kemalasan yang membuat tidak konsistennya aku menulis. Ini tidak boleh terjadi..aku ingin melihat apa yang terjadi jika aku berhasil meresume selama 2,5 bulan ini.

Haah....sepeninggalku bergelut dengan membaca blog beliau, kulihat pesan WA sudah 200 yang belum kubaca...ajiiib dalam hatiku. Gitar yang setia memandangiku di dinding sisi kananku menunggu untuk kubelai kembali. Sabar ya...habis ini kita kembali kau kupeluk dan kugendong. Menulislah setiap hari lalu buktikan apa yang terjadi.

Omjay mengawali debutnya menjadi blogger yaitu  mulai tahun 2008 saat itu karena sekolah Omjay kebakaran dan disinlia Omjay manfaatkan blog sebagai media pembelajaran. Beliau bertutur bahwa : Tulisan siswa di blognya menjelma menjadi buku yuk kita ngeblog dan kerennya tulisan tersebut mendapat juara pertama lomba buku pengayaan Depdikbud dengan hadiah Rp. 20.000.000. hal ini tak pernah dikira dan disangka akan bertemu dan  berkenalan dengan bapak Dedi dwitagama di Pascasarjana membawa berkah. Disinilah Omjay menjadi tahu apa itu blog dan mendapat juara pertama lomba blog dari pusat bahasa tahun 2009".  Bapak Dedi ini juga yang menjadi tim waktu kegiatan tahun 2013 lalu, aku baru ingat. Ada juga Pak Sukani yang founder DOGMIT selalu kuikuti pelatihannya dalam upaya meningkatkan kapasitas TI ku.

Sebuah buku yang berhasil mengetuk pintu istana kepresidenan RI, ini gambar sampulnya yang dikirim Om Dail:





Buku ini telah membrikan kesempatan bagi Omjay untuk menyampaikan hal-hal penting yang ada di luar Istana. Hal inipun didengarkan langsung oleh Bapak Jokowi Dodo selaku Presiden RI. Salah satunya tentang TIK di sekolah.

Aku selalu mengikuti gerak-gerik perjuangan Omjay untuk mengembalikan TIK di daftar pelajaran sekolah. Beliau katakan di sini. "Omjay sekaligus menyampaikan bahwa pelajaran TIK malah dihapus dan diganti prakarya tahun 2013. 

Presiden Jokowi kaget sekali sebab pergantian itu bukan di jaman beliau tapi di zaman presiden SBY" dan akhirnya berhasil kembali dengan nama informatika di sekolah-sekolah penggerak. Satu lagi menurunkan tarif jalan tol dari Rp 50.000 menjadi Rp 35.000 saja.


Paraah......kami diajak mengobrak-abrik tentang menulis dan manfaat yang dirasakan. mulai dari hadiah yang diperoleh baik menang lomba, tulisan dibayar di kompasiana, maupun mendapat undangan pembicara sana-sini. Berikut beliau berucap melalui pesan WA: "Itulah mengapa Omjay selalu mengajak guru untuk menulis dan menerbitkan buku sebab hasilnya sudah terlihat seperti ibu Mujiatun dari Lampung dan ibu Ritawati dari Bali".



Omjay menyuntikkan semangat menulis kepada kami dengan memberikan tanda bukti telah memperoleh transferan hasil tulisannya.

Dilanjutkan denngan mengirimkan qoutesnya. Berikut yang berhasil kami rangkum sebagai keyword yang perlu kami simpan disini. beberapa keyword yang perlu ditandai: 

- Menulis setiap hari akan berbuah prestasi ketika anda menulis dengan hati. Dengan menulis dengan  hati, maka akan bertemu dengan hati.

- Menulislah dengan hatimu maka engkau akan bertemu dengan pembaca setiamu

- Menulis itu akan mudah kalau langsung dilihat dan dialami serta didengarkan secara langsung. Makanya kisah nyata lebih disukai banyak orang daripada kisah fantasi. berawal dari kidah nyata dan mudah dikerjakan ya Om.

Materi diakhir dengan menyatakan bahwa: Menulis setiap hari itu harus ikhlas. Hanya memberi tak harap kembali. Bagi ilmu setiap hari dan bagi pengalaman kepada semua orang. Hasilnya banyak orang yang mendoakan Omjay menjadi doktor pendidikan. Ini Quotes Omjay diakhir materi sebelum sesi tanya jawab dimulai.

Tepat pukul 20.02 Sesi tanya jawab dibuka lewat japri. Om Dail mulai berucap alhamdulillah sesi tanya jawab dimulai katanya. Pertanyaan mulai masuk di grup, macam-macam pertanyaannya tentang benefit menulis, perbedaan blog berbayar dengan blog gratisan, dan lain sebagainya. Hingga sampailah pada kalimat ini:

"Hidup seperti orang berjalan di trotoar. Harus hati-hati melangkah. Begitu juga menulis setiap hari. Berpikir sebelum memposting itu penting". tulis Omjay.


"Seperti sekarang ini. Sebenarnya Omjay sedang sakit. Baru saja dikerokin sama istri tercinta. Alhamdulillah Omjay agak enakan. Mulut Omjay batuk-batuk terus dari kemarin. Tapi tangan dan mata Omjay bisa digunakan. Jadi bisa menulis pakai HP". Begitu jawaban salah satu pertanyaan peserta tentang kiat-kiat menulis dan menakhlukkan rasa malas.

Ada banyak pertanyaan namun ini mmenurut saya yang perlu digaris bawahi yaitu pantang menyerah dan konsisten. bahkan sebelum tidur menulislah karena kita tak akan tahu esok kita masih ada atau tidak. maka tinggalkanlah jejak dengan menulis, begitu pesan salah satu sahaabat Omjay.


Om Dail pun masih mengompori kami dengan kalimat ini:

Intisarinya --- jika mau sukses jadi penulis hebat --- maka disiplinlah menulis setiap hari. maka kamu akan menemukan keajaiban --- apa yang akan terjadi. Kumpulan tulisan bisa jadi buku.


Kelemahan penulis pemula adalah malas baca sehingga tulisannya terasa garing, lanjut Omjay menimpali Om Dail. Ini cemeti buatku, aku harus banyak baca dan berkunjung ke banyak blog kawan seperjuangan. dan jangan menganggap tulisan kita paling keren, belum tentu karena setiap tulisan ada jodohnya. 

Sesi akhir telah sampai tepat pukul 09.01 malam. "Penutup akhir dari materi Omjay adalah menulislah setiap hari. tulis apa yang kita sukai dan kuasai di blog. Itu aja sih" begitu pesan Omjay saat sesi akhir tiba. Ini menyiratkan bahwa tidak perlu muluk-muluk, mulailah dari yang mudah dan yang kita pahami atau kuasai. 


Wow....ini sungguh amazing, alhamdulillah dipertemukan di grup ini...saya sangat ingin menanti hari esok dan membuat resume berikutnya...ini luar biasa. 

Saya terbakar dan terbirit-birit untuk terus ikuti kelas ini hingga 30 tantangan akan kutakhlukkan...tunggulah apa yang akan terjadi dan keajaiban pasti datang. Aku akan memeproleh keajaiban setelah 30 resume berhail aku buat. 

Sekian terima kasih...sampai jumpa lagi esok insyaAllah..












Komentar

  1. Wah semangat ya Bu...blogger lama bersemi kembali 🤭

    BalasHapus
    Balasan
    1. ini baru buaaaaat Pak Agung, pertengahan tahun lalu...semangatnya yang bersemi kembali....mohon doanya...makasih ya...

      Hapus
  2. Mantapppp, semangat selalu untuk kita buuu peserta KBMN 28 jaya...

    BalasHapus
  3. Siip.. sudah persiapan lebih awal...
    Hehee.. diobrak - abrik atau merasa tercabik - cabik nih....
    Semangat..

    BalasHapus
  4. Mantap dan inspiratif Ibu Milma Yasmi.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

PELUANG KEJADIAN MAJEMUK

WISATA MATEMATIKA

SI BUDI BERTANYA tentang MODUL AJAR