Menyoal Seputar Pemasaran Buku

 KBMN28

 Bismillahirahmanirrahiim

 


 

Pertemuan ke-20, Rabu 22 Februari 2023, 19.00 WIB.

Gelombang 28

Judul: Menyoal Seputar Pemasaran Buku

Tema: Pemasaran Buku

Narasumber: Agus Subardana, S.E., M. M.

Moderator: Purbaniasita KS, S. Pd.

Bismillahi.....

Ya Allah, betapa waktu tak terkendali mengitari matahari. Aku tak menyangka kalau KBMN 28 sudah berada pada pertemuan ke-20. Hal ini menandakan bahwa aku telah mengumpulkan sebanyak 20 resume. Omjay telah mengasuh kelas ini, sabar dan dedikasi tinggi telah melekat pada dirinya.

Malam ini kelas akan dimoderatori oleh putri cantik Mbak Purbaniasita (Mbak Sita). Peluru mulai ditembakkan ke arah kami aagar terus tersadar dan terjaga untuk menyelesaikan tantangan ini. Kami para penulis pemula tentu saja terbakar semangat menulisnya. Namun karena aku masih bergulat dengan beberapa deadline tugas diklat onlineku. Beasiswa Orbit Guru Merdeka, Tech In Person,  yang semuanya di waktu yang bersamaan harus ditakhlukkan modulnya. Akhirnya aku baru memutuskan untuk menyelesaikan resumenya hari ini saja, untuk menyimak kelas jelaslah ini kelas yang dirindukan.

Beliau mengawali dengan kata bijak ini:

"Semua orang akan mati kecuali karyanya. Maka tulislah sesuatu yang akan membahagiakan dirimu di akhirat kelak" (Ali bin Abu Thalib)

Ini melengkapi semangat yang selama ini bahwa ikatlah ilmu dengan tulisan.

Menurut  Mbak Sita, buku merupakan muara akhir dari sebuah proses penulisan. Produk akhir dari sebuah tulisan adalah buku. Setelah itu kebingungan untuk memasarkannya. Hal penting diperhatikan adalah membidik pasar agar tulisan laku. Namun jangan khawatir strategi pemasaran buku inilah ayng akan dikupas malam ini bersama pemateri kita dari penerbit ANDI, bapak Agust. Subardana  S. E., M. M atau biasa dipanggil bapak Agus. Pengalaman tidak perlu diragukan lagi, dengan riwayat pendidikan yang mumpuni. Riwayat pendidikan beliau yang merupakan lulusan S1 dan S2 Manajemen Pemasaran sebagai bukti keprofesionalan beliau. Bergelut dengan penerbit ANDI sudah 18 tahun 2 bulan, ini hampir seumur masa kerjaku menjadi Guru PNS. Pernah Menjadi Dosen Tidak Tetap selama 4 Th di STIE Wiyata Mandala  Jakarta, keren kan.

 

Seperti biasa, kegiatan selalu diawali dengan pinta kita sebagai hamba ke Tuhan pemilik alam raya. Kemudaian langsung masuk materi oleh narasumber hebat ini. Namun beliau ternyata ahli pantun juga, kami digoda dengan pantunnya sebagai berikut:

Singgah sebentar di rumah Kerabat

Meminta buah Apel dan Pisang Banana

Untuk hadirin Bpk Ibu Guru yang Hebat

Salam Hormat dari Saya Agust Subardana

    Sakit Gigi jangan di tahan

    Karena banyak mengunyah makaroni

    Puji Syukur Kepada Tuhan

    Kita bertemu di  Grup Belajar Menulis malam ini

Jangan Ngebut Kalau Naik Sepeda Motor

Dari Kota Jogja membawa buah Mengkudu

Terimakasih kepada Moderator

Izinkan saya menyampaikan Strategi Pemasaran Buku

    Daun salam di atas jerami,

    Kutumbuk halus untuk obat,

    Salam hormat juga dari kami,

    Untuk Pak Agust yang super hebat

Ada tampah isi kue timus,

Nampak enak menggodaku,

Kita sudah siap Pak Agust,

Menyimak strategi pemasaran buku.

  Wow jago pantun telah memuntahkan rayuannya, agar kami mulai fokus di kelas ini.

Selanjutnya kami mulai disuguhi tentang seputar buku. Beliau mengatakan bahwa buku merupakan salah satu sumber ilmu pengetahuan dan sarana utama bagi proses pembelajaran serta sarana  penyampaian informasi. Sejak usia dini, anak – anak telah diperkenalkan pada buku dan diajarkan untuk membaca beraneka ragam terbitan buku.

Lanjutt beliau bahawa sebagai upaya mempersiapkan generasi muda yang cerdas dengan minat baca yang tinggi khususnya anak-anak, pemerintah mendorong kegiatan membaca sebagai wujud dukungan dan tindakan nyata dalam membangun budaya membaca sejak dini. Adapun bentuk dukungan pemerintah terhadap budaya membaca buku dan meningkatnya kebutuhan masyarakat terhadap buku, menciptakan peluang usaha bagi pengusaha yang bergerak di bidang penerbitan buku.

Dalam rangka untuk mempertahankan Industri Penerbitan Buku , supaya tetap terus hidup dan dapat mencapai hasil penjualan buku yang maksimal maka kita perlu  strategi pemasaran. Srategi Pemasaran biasanya hampir dipakai oleh semua wirausaha, intreprenur yang menjalankan bisnis.

Strategi pemasaran penjualan buku sangat dipengaruhi oleh banyak aspek dan unik . Kenapa demikian , hal ini dapat dilihat dari jenis – jenis buku yang di terbitkan. Jenis – jenis buku yang di terbitkan tersebut dikelompokan menjadi katagori buku. Salah satu contoh Penerbit ANDI Offset menerbitkan buku cukup banyak katagori produk yaitu ada 32 katagori produk buku ( Katagori buku Anak, buku Bisnis, Buku Pertanian, Buku Fiksi - Novel, Buku Pengembangan Diri, Buku Teks , dll ).

Dari jenis – jenis katagori buku tersebut disinilah kita akan melakukan pemetaan berdasarkan segmentasi jenis katagori buku yang diterbitkan. Pada umumnya kegiatan pemasaran buku berkaitan dengan berkoordinasi beberapa kegiatan bisnis. 

Inilah kalau pakar yang berbicara, menggambarkan materi dengan gamblang dan runtut. Menurutnya ada banyak  faktor-faktor yang mempengaruhi strategi pemasaran  meliputi :

1.      Faktor Mikro , yaitu perantara, pemasok, pesaing dan masyarakat.

2.      Faktor Makro yaitu demografi-ekonimi, politik-hukum, teknologi-fisik dan sosial-budaya.

 

Ini menurut beliau dalam menjalankan bisnis Penerbitan Buku yang sedang beliau terus jalankan masuk dalam faktor keduanya yaitu Faktor Mikro dan Makro. Hal ini dikarenakan Penerbit ANDI Offset sudah termasuk Industri Penerbitan buku, dengan usianya sudah mencapai 43 tahun dan telah menerbitkan buku lebih dari 20.000 judul buku yang telah di kelompokkan menjadi 32 katagori. Ini memang dedikasi yang tinggi buat negeri, bravo penerbit ANDI. Semoga bukuku sempat mampir di sini, aamiin.

Ada pemetaaan dalam strategi pemasaran buku, adapula diumpamakan dengan serangan udara dan serangan darat. Kedua strategi pemasaran buku ini tentu berlandaskan pada faktor mikro dan faktor makro tersebut di atas. Dua strategi tersebut dikenal dengan istilah sebagai berikut :

A.     Strategi Pemasaran Buku Serangan Udara. (On Line )

a.      Strategi Pemasaran Buku Lewat Online

Saat terjadi pendemi Covid 19 melanda dunia , mau gak mau kita dalam dunia bisnis harus bisa mengikuti perkembangan era digital seperti sekarang ini, bisnis tidak akan bisa         survive jika tidak mengikuti kemajuan zaman dan juga keinginan     customer maka akan dipastikan usaha tidak sebaik dulu. Ketika kita      ingat di zaman dulu iklan dengan brosur dan baliho besar ada dimana-mana, sekarang cara mengiklan ataupun kampanye jauh lebih mudah. Kenapa bisa lebih mudah? Karena dengan adanya internet membawa perkembangan yang signifikan bagi kehidupan kita.

Penerbit ANDI saat ini penggarapan pasar dengan bisnis On Line mungkin sudah tidak asing lagi dengan istilah digital marketing. Sebuah istilah yang mahir lahir di era serba canggih ful internet. Digital marketing merupakan teknik pemasaran terkini, yaitu sebuah teknik memasarkan produk atau jasa dengan mengandalkan media online atau internet.

 

Jenis-jenis digital marketing yang kita terapkan di Penerbit ANDI Offset  antara lain :

1.Content marketing adalah salah satu jenis digital marketing yang berfokus pada pembuatan dan pendistribusian konten untuk target pasar tertentu. Tujuannya adalah untuk menarik aksi menguntungkan dari calon pembeli potensial. Ada banyak pilihan content marketing mulai dari blog, podcast, infografik, dan lainnya.

2. Search Engine Optimization (SEO). SEO bisa menjadi strategi menarik pengguna internet untuk mengunjungi website Penerbit Andi Offset (andipublisher.com) dan kemudian membeli produk yang kita tawarkan.

3. Search Engine Marketing (SEM) merupakan upaya untuk mengoptimasi website di mesin pencari, Search Engine Marketing (SEM) merupakan strategi pemasaran digital yang bertujuan meningkatkan visibilitas website di hasil pencarian mesin pencari atau yang dikenal dengan istilah SERP.

4. Social media marketing memanfaatkan berbagai platform media sosial untuk promosi dan pemasaran suatu brand. Kita bisa menerapkan social media marketing di beberapa platform media sosial seperti Facebook, Instagram, Tiktok dan lainnya.

Kadang - kadang supaya lebih menarik Salah satu metode promosi jualan online yang sering dilakukan oleh pedagang adalah dengan membuat pantun jualan. Pantun sebagai sarana promosi jualan online juga sangat ampuh untuk menarik calon konsumen, khususnya anak muda. Apalagi, hampir semua orang saat ini sudah sangat fasih menggunakan media sosial sehingga pemasarannya jauh lebih mudah.

Contoh pantun Jualan di Media Sosial supaya menarik perhatian :

Pantun 1 :

Di taman ada banyak kumbang

Di kali banyak buaya

Janganlah ragu ataupun bimbang

Toko online ini bisa dipercaya

Pantun 2 :

Liburan ke pulau Bali

Jangan lupa datang ke pantai Dewata

Ayo beli di toko online kami

Barangnya cuma setengah harga

Pantun 3 :

Kamu jadian sama si dia

Padahal aku sudah menyukaimu

Kita toko online terpercaya

Siap menjual barang paling bermutu

 

Masih banyak cara untuk menarik perhatian calon pembeli dengan pantun2 yang dapat kita buat...

Strategi selanjutnya :

5. Email Marketing.  strategi marketing yang satu ini menggunakan media email untuk bisa menjangkau lebih banyak pelanggan.

6. Instant messaging marketing bisa menjadi pertimbangan kami saat hendak melakukan promosi dan pemasaran produk secara online. Ini merupakan tren komunikasi masa kini, di mana kami bisa memanfaatkan penggunaan Whatsapp, Facebook Messenger, WeChat, dan platform messenger lainnya.

7. Influencer Marketing . Kehadiran influencer membawa pengaruh besar pada para fans dan pengikutnya. Orang-orang akan lebih tertarik menggunakan barang yang digunakan atau ditawarkan oleh seorang influencer.

8. Video marketing untuk melengkapi strategi pemasaran digital yang sedang dijalankan. Video menjadi salah satu media yang bisa kami gunakan untuk tujuan promosi dan pemasaran.

9. Pemasaran melalui channel Youtube. Penerbit Andi Offset mempunyai Chanel TV Youtube Nama Chanel Youtube TV. ANDI AKADEMI, Pemasaran melalui channel Youtube  juga dinilai sangat efektif karena orang-orang menghabiskan waktu yang lumayan lama di hp android . Saat ini bahkan kita bisa menonton acara secara online melalui layanan live streaming.

Beliau melanjutkan penjelasannya, bahwa untuk penjualan buku lewat Online ini harus terus proaktive untuk terus promosi , supaya kita dapat :

-Menyebarkan informasi produk secara masif kepada target pasar potensial

-Mendapatkan konsumen baru dan mempertahankan konsumen yang sudah sehingga kesetiaan konsumen     terjaga.

-Menjaga kesetabilan penjualan saat kondisi pasar lagi lesu

-Menaikkan penjualan dan profit

-Membandingkan dan keunggulan produk dibandingkan dengan pesaing

-Membentuk citra produk dibenak mata konsumen sesuai dengan yang diinginkan

-Mengubah tingkah laku , persepsi dan pendapat konsumen

Ini tentang triks untuk terus bertumbuh, tentang pemasaran dengan video marketing, Penerbit Andi berencana akan menyelenggarakan Lomba Membuat Film Pendek Bagi Pelajar Indonesia. Hal ini tentu dibumbui dengan hadiah yang cukup menarik.

 

Kemudian dapat pula dilakukan pemasaran buku lewat KOMUNITAS.

Kita tentunya punya komunitas masing – masing sesuai dengan kapasitas kita untuk membentuk komunitas dan relasi , maka gunakanlah jaringan komunitas kita untuk sarana promosi dan penjualan buku . Penjualan lewat komunitas  akan lebih efektive dan efisien sehingga tingkat keberhasilan nya lebih tinggi penjualan buku yang kita tawarkan. Kuncinya kita harus proaktive komunikasi dan interaksi dengan komunitas serta dapat menjaga integritas pribadi kita.

Contoh : Komunitas Arisan, Komunitas Guru , Pelajar , Mahasiswa dll. Iya termasuk komunita menulis ini, saya ingat teman saya ketika di UNJ, Bu Tuti bersama Omjay menulis tentang guru penggerak yang pada akhirnya menjadi buku best seller.

 

B.      Strategi Pemasaran Buku Serangan Darat (OF LINE ).

Untuk menguasai seluruh wilayah nusantara ini dalam penetrasi pasar buku , kita harus melakukan pemetaan wilayah dengan membuka cabang tiap kota besar yang potensi pasarnya sangat baik. Kami Penerbit Andi telah mempunya 43 cabang di kota dari Aceh s.d Papua, dengan menempatkan tenaga pemasaran di tiap kantor cabang tersebut.

Strategi pemasaran buku serangan darat ini kita kelompokkan berdasarkan target pasar yang kita tuju , antara lain :

1.      Toko Buku

Penerbit Buku yang mampu memproduksi sendiri dan mempunyai mesin percetakan sendiri , sebagian besar sebagai pemasok Toko buku di Indonesia. Untuk bisa masuk dan sebagai pemasok rutin di toko buku maka  kita perlu pemetaan jenis toko buku.

Toko buku ini kita petakan menjadi tiga jenis yaitu Toko Buku Modern, Toko Buku Semi Modern, dan Toko Buku Tradisional.  Kenapa kita perlu petakan jenis toko buku tersebut , hal ini dikarenakan tiap jenis toko buku tersebut mempunyai sistem administrasi dan tempat yang berbeda.

Contoh toko buku modern yaitu Gramedia Books Store, Gunung Agung Books Store dan TogaMas Books Store. Toko Modern ini mempunyai sistem transaksi mengikuti perkembangan teknologi yang dapat dikendalikan dengan sistem centralisasi dan sebagainya.

Adapun toko buku semi modern biasanya masih dikendalikan dan mengunakan sistem administasi penjualan per toko . Sedangakan Toko Tradisional biasanya sistem transaksinya masih manual .

Untuk itu saluran toko buku tersebut di atas masih dijadikan jalur distribusi oleh para Penerbit buku dengan sistem titip jual / konsinyasi, kecuali toko buku tradisional diberlakukan kredit dan jual putus.

Strategi Promosi di toko buku Modern ada berbagai macam cara yang perlu kita lakukan , antara lain :

-      Menguasai display buku , supaya tampilan buku dapat terlihat dan menonjol .

-      Mengadakan promosi di internal toko dengan memasang produk di Neon Box, X Banner

-      Mengadakan Bedah Buku , Talkshow dan potongan Harga pada buku tertentu atau periode tertentu.

-      Mengadakan event tematik sesuai moment bulan berjalan (program Ramadhan,  Program TAB, Program TAM , dll )

-      Dan masih banyak lagi program promosi di toko buku modern yang dapat kita lakukan , kuncinya kita proaktive komunikasi dengan pihak internal Toko Buku modern tersebut.

Beliau memberikan contoh display buku yang menarik:

 


                

                                  Penampakkan Promo Discount

 

2.  Direct Selling / Kunjungan Langsung

Pemasaran Buku melalui Directselling ini kita petakan berdasarkan jenis katagori buku yang kita terbitkan . Jenis Katagori buku penjualan lewat Directselling ini kita bagi menjadi beberapa target pasar yaitu

 

-      Buku Pendidikan (Buku mata pelajaran Utama dan buku pendamping untuk jenjang TK, SD, SMP, SMA, SMK).

-      Buku Teks Perguruan Tinggi untuk semua mata kualiah

-      Buku Referensi untuk jenjang TK, SD, SMP, SMA-SMK , Perguruan Tinggi dan umum

Dengan pemetaan jenis katagori tersebut diatas maka kami sebagai Industri Penerbitan buku melakukan terobosan pemasaran dengan menempatkan tenaga penjual (Sales) .

Tugas Tenaga Penjual / sales tersebut kita beri tanggungjawab target sesuai maping areanya masing – masing yang bertugas :

-      Kunjungan langsung ke tiap sekolah

-      Kunjungan langsung ke setiap kampus

-      Kunjungan langsung ke setiap Perpustakaan sekolah, Perpus Kampus, Perpustaan Daerah dll.

-      Dengan kunjungan langsung tersebut diharapkan dapat berinteraksi dengan membangun hubungan yang baik dengan pihak Internal Sekolah, Kampus, Perpustakaan dll. Sehingga dampaknya hasil penjualan buku dapat meningkat.

 

3.  Melakukan Event – Event

Aktive dalam melakukan event – event  seperti event Pameran buku, dalam seminar, workshop, Tryout, dan sebagainya.

Berakhir sudah sesi pemaparan materi, kemudian masuk ke sesi tanya jawab:

 

Pertanyaan pertama:

Endang Ratna Juwita

Asal Bogor.

pertanyaan:

1.Apa yang harus kita lskukan /persiapkan agar buku kita bisa di pasarkan?

2.Jenis buku seperti apa  yang banyak peminatnya?

3.Apakah ketebalan buku dan isi berpengaruh kepada minat beli pembaca?

Beliau menjawab:

1. Yang harus kita lakukan /persiapkan agar buku kita bisa di pasarkan:

~ Menyiapkan materi promosi brosur/leaflle.

~ Mengadakan program online.

~ Penetrasi pasar secara massive online dan offline secara serempak.

~ Mengajukan produk unggulan/update selling ke toko buku,buku tersebut untuk remaja, umum, dan luas.

2. Jenis buku seperti   yang banyak peminatnya:

    Jenis buku umum seperti novel, fiksi, pengembangan diri, motivasi, dan tentang cerita buku dan anak. Hal yang terpenting adalah persediaan stok buku dan display yang menarik, karena jenis buku untuk anak walaupun tipis, jika anak kepengin beli pasti orangtua akan belikan.  Dan juga buku religi/agama, terutama muslim.

3. Ketebalan buku tidak berpengaruh signifikan, dan  isilah yang sangat berpengaruh, serta harga.

 

Pertanyaan kedua:

Imro'atus Sholihah_ MTsN 4 Jombang Jatim                                                                                    1. Saat ini banyak situs yang membagikan e-book gratis, bgmn pandangan bapak ttg hal ini terkait prospek pemasaran buku?

2. Setiap penerbit pasti memiliki idealisme tersendiri berkait syarat-syarat buku yang diterima dari penulis, bagaimana idealisme Andi offset?

3. Bagaimana prosedur penerbitan buku di PT. Andi?

Beliaupun menjawab:

Kami tetap optimis walaupun banyak ebook yang gratis, karena kami selalu menerbitkan buku baru per bulan 50-70 judul buku baru, kanyataannya pangsa pasar di Indonesia masih sangat potensi sekali, dan kami masih terus mengalami pertumbuhan. dan buku-buku gratis tersebut kami juga menerbitkan dalam bentuk digital ebook hampir 6000an judul buku dan laku semua.

Pertanyaan yang ketiga ini menggelitik, dari Bunda Mahyla dari Malang

P3:

Mohon ijin bertanya pak, untuk strategi melalui komunitas misalnya saja anggota arisan atau PKK biasanya tidak begitu tertarik. Karena seperti kita ketahui bersama bahwa di Indonesia literasi sangat kurang. Bagaimana strategi supaya anggota arisan atau PKK tsb bersemangat utk membeli buku kita. Terima kasih

Beliaupun menjawab:

Komunitas itu bukanlah komunitas yang mudah untuk tertarik membeli buku, underestimate. Namun, bagaiaman untuk terus betumbuh dalam dunia literasi. Kunci supaya anggota tersebut bersemangat untuk memebli buku kita harus membuat inspirasi yang menarik kepada anggota arisan tersebut. Mintalah waktu untuk memaparkan tentang produk kita, buku yang menarik. Ungkapkan sekitar 10 sampai 20 menit, tentang keunggulan buku yang ibu tulis. Jika bukan buku kita carilah buku yang lagi trend, buku tentang kesehatan wanita di atas 40 tahun atau buku yang menark perhatian lainnya. Pasti bisa, jika buku yang dibawa sesuai dengan keinginan dan kebutuhan anggota arisan atau komunitas PKK tersebut.

 

Pertanyaan yang kesembilan ini menarik menurut saya, dari bapak Hasbi Aprizal, asal Sukabumi.

 

1.Bagaimana menyiasati penjualan buku agar Best seller?

2. Ketika sudah Best seller bagaimana caranya agar buku kita tidak di plagiat atau difotokopi dengan bebas?

 

Beliau menjawab:

1. Itu tergantung buku tersebut bergenre apa. Buku pelajaran yang sesuai dengan kurikulum merdeka tergantung dengan jenjangnya pa itu pasti best seller. Tapi untuk buku bergenre novel, harus punya komunitas atau jaringan yang luas. Atau minimal bapak mempunyai folowwers di atas 10.000 pasti best seller. Kami dari penerbbit ANDI menyiasati dengan aktif selling ke Gramedia, dengan memberikan insentif pula pada pramuniaaga di toko buku. Kedua, sebelum launching melakukan free order, secara massive cek ombak ke media sosial.

2.  Dilakukan seperti revisi selanjutnya, kode barcode, video CD atau lainnya. Ada kode-kode barcode tersendiri tidak bisa diplagiasi. Sudah best seller masih susah juga di Indonesia, karena penegakkan hukum belum disiplin.

 

Narasumber menutup paparannya dengan sebuah pantun ...

Manis kehidupan adalah rupa ujian

Hatilah yang harus selalu sadar menempatkan.

Jenis tulisan adalah cara penyampaian.

Pilihlah yang membuatmu merasa nyaman

Mengais pinta kadang terasa naif.

Memelas ampunan sering hanya saat diuji saja.

Menulis adalah tindakan kreatif.

Kreativitas adalah proses panjang bak menempa baja.

 

Izin menyematkan link blog bapak Agust, tentang prosedur penulisan buku, blog beliau di : http://literasikangagus.blogspot.com/

 

Terima kasih Mbak Sita yang telah setia menemani, Bapak Agust, Omjay dan tim solid lainnya. Semoga selalu semangat dan sehat, panjang umur, berkah dan manfaat.... Aamiin.

Alhamdulillah resume ini dapat juga kuselesaikan. Terima kasih semuanya, sampai jumpa lagi.

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

PELUANG KEJADIAN MAJEMUK

WISATA MATEMATIKA

SI BUDI BERTANYA tentang MODUL AJAR