Menelusuri Majalah Suara Guru

 KBMN 28


Pertemuan Ke-22, Senin 27 Februari 2023

Gelombang 28

Judul: Menelusuri Majalah Suara Guru 

Tema: Mengirim Tulisan Ke Majalah Suara Guru

Narasumber: Catur Nurrochman Oktavian, M. Pd.

Moderator: Sim Chung Wei, S. P.

Haloo..assalamu'alaikum..

Alhamdulillah malam ini bisa menyimak acara KBMN pertemuan ke - 22. Mari kita lanjutkan meresume dengan semangat yang menggebu-nggebu setelah beberapa kali pertemuan sempat tertatih-tatih karena sesuatu dan lain hal. 

Malam ini kami mendapat siraman materi tentang majalah suara guru. Narasumber Pak Catur dan moderator Ko Sim dan tentunya mbak Widia yang selalu megawal acara malam ini. Mari menyimak sekelumit tentang majalah ini. Oh iya pertemuan malam ini dilakukan melalui zoom meeting.

Majalah Suara Guru  PB PGRI telah ada sejak 1966 yang sekarang tetap eksis. Terkait penerbitan majalah ini, ada 6 edisi setiap tahun atau istilah terbit sebanyak 6 kali per tahun. 

Ada tips agar bisa dimuat di majalah yaitu sesuaikan dengan garis selingkung majalah tersebut dan yang kedua sesuaikan dengan tema yang akan diterbitkan bulan itu. Ini penting diperhatikan agar tulisan bisa dilirik tim redaksi. Apalagi ya? oh ini  judulnya harus menarik dan menggugah selera pembaca majalah.  Tips lainnya harus aktual, nilai tambah cepatnya terbit tulisan yang kita kirim di majalah ini.

Tulisan yang renyah, enak dibaca, populer, mudah dipahami, komunikatif dan lugas tentu menjadi syarat lainnya untuk dipilih tim redaksi. Untuk jumlah tulisan paling banyak 700 kata dan ditulis sekitar 1,5 lembar A4 dengan jenis huruf TNR spasi 1,5.  No WA Pak Catur yang bisa dihubungi adalah 089517706704/0817740192. Atau dapat pula memesan dengan menghubungi mbak Widya di nomor 087882289299, jika lebih 100 eksemplar di pulau Jawa bebas ongkir.



Kemenag, guru-guru dari madrasah masih belum banyak terfasilitasi. Beliau menyarankan agar teman-teman dari madrasah bisa ikut berpartisipasi di mjalah ini. Majalah yang mengandung lebih banyak tentang keprofesian. Majalah suara guru ini bisa dijadikan ruang ekspresi dari guru. Untuk guru bisa digunakan kenaikan pangkat, karena termasuk karya ilmiah populer yang ber-ISSN dan skala Nasional. Berapa angka kreditnya? iya kita akan dinilai 2 angka kredit, beliau menyampaikan khabar ini.

Namun tulisan di majalah suara guru akan diterbitkan sesuai antrian, lama? tergantung tulisan yang dikirim apakah sesuai kebutuhan dan hasil sidang tim redaksi bersama pimpinan. Pimpinan majalah ini dari kemenag loh, beliau meminta untuk menyampaikan info ini ke teman lainnya.

Tulisan dari destinasi wisata, tentang budaya, kuliner bisa diterima di majalah ini. Rubrik yang disediakan di majalah ini bisa dituliskan dalam bentuk future. Hal ini bisa menjadi sarana mengenalkan pariwisata, budaya, dan sebagainya yang ada di daerah kita. 

Beliau menutup materi dengan closing statemen yaitu dunia literasi menjadi tanggung jawab kita. Literasi sangat erat hubunganya dengan budaya membaca. Apresiasi terhadap tulisan teman-teman dapat menumbuhkan budaya baca, literasi bukan hanya menulis tetapi juga membaca. Bertahannya majalah ini tidak terlepas dari para guru dan dosen yang mau berlangganan. 

Rubrik-rubrik suara guru bermacam-macam, termasuk kegiatan organisasi. Ruang lainnya berita tentang persekolahan, perguruan tinggi, kemudian rubrik tentang praktik baik, dan juga opini. harga sejak 6 tahun tidak berubah, belum naik dengan kertas yang berkualitas, yaitu: Rp. 25.000,-. Hal ini menambah budaya baca kita dan mengapresiasi karya guru dan dosen. 

Mari kita memanfaatkan majalah ini untuk ikut berlangganan. Hal ini dapat menambah pengalaman dan menyalurkan hobi menulis, puisi dan cerpen bisa juga loh. Bagi teman-teman di daerah ingin berlangganan bisa? tentu saja bisa ya. Hal ini tentu akan membutuhkan biaya ongkir ya teman-teman. kalau bukan kita guru, siapa lagi yang akan membesarkan majalah ini.




Majalah Suara Guru PB PGRI mempunyai email : majalah.suaraguru@gmail.com, dan anda bisa mengirimkan naskah atau tulisan kepada dewan Redaksi SG

Terima kasih Omjay dan tim solid, terima kasih tim suara guru. Sampai jumpa lagi.



Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

PELUANG KEJADIAN MAJEMUK

WISATA MATEMATIKA

SI BUDI BERTANYA tentang MODUL AJAR