Cover Buku Dibuat Menarik?

 KBMN28


Resume Pertemuan ke-27, Jumat, 10 Maret 2023
Gelombang 28
Judul: Cover Buku Dibuat Menarik?
Tema: Membuat Cover Buku Yang Menarik
Narasumber: Fajar Tri Laksono, M. Pd.
Moderator: Lely Suryani, S. Pd. SD.


Hai,Assalamu'alaikum....

Mari memasuki babak akhir, pertemuan yang ke-28. Sungguh teman-teman yang sudah siap naskahnya tinggal membuat cover buku. Yuk disimak malam ini kita akan dibimbing langsung dengan pakarnya yaitu Bapak Fajar Tri Laksono dan Bu Lely selaku moderator. Beliau mumpuni dibidang ini, mari saksikan dan nikmati resume malam ini.

Beliau merupakan aktivis PGRI APKS maupun IGI, ini menggandeng langsung dua forum organisasi besar di negeri iini. 

Segudang prestasi disebutkan Bu Lely, yang menjadi juara di Provinsi Jawa Timur maupun Nasional. 



"Tekunilah bakat dan passion yang Anda miliki, hingga pakar, menang lomba, dan menginspirasi..."

Guru berangkat ke Belanda tahun 2018 yang masih non PNS dalam program excelen teacher, keren....merupakan satu-satunya guru non PNS yang berangkat,  ketika berkarya dan bisa dilirik oleh pihak terkait. Kementrian tidak memandang itu, tetapi apa yang bisa kita jual agar dilirik dan terpilih. 


Proses untuk dapat memberangkatkan kita ke Luar Negeri, hingga Eropa. Beliau menceritakan Indonesia memiliki Budaya Luhur yang tidak ada di Belanda.  Menurut beliau, siswa di sana keluar masuk dari kelas tanpa pamit. Mereka bebas memainkan gadget yang tidak berkaitan dengan pembelajaran. 

Apresiasi dari Kementerian tidak memandang status sosial tetapi lebih mengapresiasi apapun karya-karya kita. 

Berkaryalah, dan manfaatkan waktu sebaik mungkin. Waktu tidak akan kembali, wow...aku harus menigngat ini. Padahal waktuku habiskan begitu saja dengan bersenang-senang, harusnya banyak karya yang bisa kubuat. Aku tersadar tentang ini, sudah berumur belum berprestasi. Who the next? Akankah aku?

"Sebaik-baik karya tidak semua orang suka, sejelek-jelek karya masih ada yang suka. Oleh karena itu teaplah berkarya. Percaya diri itu penting.."



Baiklah, mari memulai tentang desian cover buku. Ada lisensi komersial, ada market place yang bisa diljadikan langganan. Contohnya, sebagai preimuim member di salah satu market place, misal: freepik.
bagaimana caranya? 
Cover buku bisa diambil di sini dan tanpa pelanggaran asalkan dapat menggunakan market place ini. Tidak perlu membayar apabila bapak ibu sebagai guru, yang harganya Rp 1.500.000/ tahun. Lisensi sebagai komersial use,berupa karya-karya yang dapat dijual dan tanpa pelanggaran lisensi.

Cover yang diterima dari penerbit pastikan tidak melanggar hak cipta apapun, harus jelas lisensinya. Oleh karena itu berhati-hati, karena tokoh buku akan memajang cover kita, pembeli akan melihat pertama kali adalah cover. Lebih baik mengeluarkan sedikit biaya, di dunia perbukuan daripada pelanggaran lisensi. 

Beliau melanjutkan dengan menampilkan contoh cover buku. Terkait font ada yang bebrayar ada yang free. Jika ingin font yang tidak umum, dapat dibeli di market place. Pemilihan font ini sangat mendukung tema buku yang dibuat. Kesesuaian font dapat disatupaduan dengan latar belakang yang ada. Logo penerbit dan nama penulis akan lebih apik disajikan disini. 

Jumlah font di laptop Bapak Fajar sudah lebih banyak dan tidak standar karena sebagai desianer. Font berbayar lebih keren dah. ... namanya juga bebayar pasti ada lebihnya. 

Ada 3 yaitu corel draw sebagai eksekusi akhir, photoshop, dan satu lagi apa ya? ini adalah software yang digunakan untuk mendesain poster maupun cover buku.  Dan memadukan unsur emosi yang bisa menambah hidupnya cover  buku. Ada proses panjang untuk menjadi desain buku. 


Beberapa contoh desain cover by Fajar T.L.

Luar biasa ilmu ini, masih jauh dari jangkauan saya. Beurntungnya Bapak Fajar yang menguasai bidang ini karena sekarang banyak yang membutuhkan jasa ini freelence pekerjaan yang bisa dibayar dengan hobi yang dimiliki. Desain grafis belum akan sirna di dunia saat ini, masih bersinar terang.

Desain cover bisa dipesan kepada beliau, dan lebih detail informasi yang diberikan akan mengurangi potensi revisi. Deskripsikan yang jelas dan detail, agar memabntu beliau dalam menyiapkan cover bukunya. 

Langkah pertama kalau di corel pilih ukuran buku yang disiapkan, misal A5 dengan 148x 210 mm.


Beliau mempraktikkan penggunaan corel draw untuk mendesain cover sebuah buku. Aku terpesona dan habis kata-kata. Selain sudah tidak menguasai ilmu ini, lama sekali aku tak menggunakan photosop atau corel draw. Namun, tidak boleh berputus asa, serahkan pada ahlinya, yang penting tulislah naskahnya terlebih dahulu, baru kemudian bicara cover buku. 

Untuk membuat cover buku  perlu memberikan sinopsis, tidak perlu membaca isi bukunya. Hal ini penitng setelah memebrikan brief desain yang detail kepada desainer.

Apa itu brief desain? yaitu panduan tertulis untuk sebuah proyek desain yang dikembangkan bersama oleh desainer  dan pihak ketiga. Panduan ini menjadi cetak biru yang diinginkan dari sebuah desain. Link contoh produk yang beliau sudah tampilkan, ini kusimpan:

Beberapa tips umum tentang bagaimana membuat cover buku yang menarik:

  1. Tentukan tema atau pesan yang ingin disampaikan melalui buku Anda.
  2. Gunakan font yang mudah dibaca dan sesuai dengan tema buku Anda.
  3. Pilih warna yang menarik dan relevan dengan isi buku Anda.
  4. Gunakan gambar atau ilustrasi yang berkaitan dengan isi buku Anda.
  5. Pertimbangkan ukuran dan tata letak yang tepat untuk cover buku Anda.
  6. Pastikan cover buku Anda mencerminkan isi buku dan menarik minat calon pembaca.

Namun, jika Anda membutuhkan desain cover buku yang profesional, sebaiknya mencari bantuan dari desainer grafis atau studio desain yang dapat membantu Anda membuat cover buku yang menarik dan sesuai dengan kebutuhan Anda.



Ingat hati-hati dengan cover buku, jangan pilih sembarangan. Ini Bapak Fajar, tempat yang tepat untuk memesan cover buku. Sebuah buku belum akan jadi tanpa cover, ini bagai orang tak berbusana. Alangkah baiknya, segala sesuatu serahkan pada ahlinya. Tidak boleh berurusan dengan pelanggran hak cipta. Buat desain sendiri? bisa asalkan ada akun premium ya......atau cantumkan sumber dari freepik yang gratisan di https://www.freepik.com/. Beliaupun menawarkan, boleh japri untuk minta di downloadkan gambar premium di freepik. Unsur titik saja, di dalam dunia desain adalah merupakan pelanggaran. Lebih baik izin kepada pemiliknya, izin dahulu ya.


Beliau membahas lisensinya canva pakai akun edu. Terkait ini, beliau mencontohkan gambar buku, buka akun, cari lisensi di canva dengan membuka profil dan pilih lisensi agreement. Beliau search di google untuk lisensi canva tidak bisa dipatenkan, berhati-hatilah. Namun bisa dipelajari lagi terkait canva ini, seingat saya ada yang bisa digunakan untuk tujuan komersial ....

Untuk memeriksa gambar yang ada di desain kita? periksa di mbah google dengan memilih telusur menggunakan gambar.  Cover yang bagus itu adalah cover yang unik, telusurlah terlebih dahulu. Ingat comersial use perlu dimiliki, atau serahkan pada ahlinya.




Demikianlah resume kali ini, semoga bermanfaat....terima kasih semuanya.....love you all.






Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

PELUANG KEJADIAN MAJEMUK

WISATA MATEMATIKA

SI BUDI BERTANYA tentang MODUL AJAR